5 Strategi Dalam Memulai Usaha Event Organizer Ini Cocok Bagi Pemula

Usaha Event Organizer (EO) dinilai semakin menjanjikan, hal ini karena semakin banyaknya konsumen yang membutuhkan jasanya, baik pribadi maupun perusahaan. Kesibukan pekerjaan akan menyebabkan mereka tidak memiliki waktu lebih untuk melakukan persiapan acara yang mereka selenggarakan.

Para konsumen lebih memilih EO untuk menangani persiapan dan penyelenggaraan acara mereka, karena lebih praktis dan aman karena ditangani ahlinya. Inilah yang menjadi peluang anda untuk mencoba usaha EO, namun butuh strategi dalam memulai usaha event organizer, seperti di bawah ini:

  1. Cari Pengalaman Terlebih Dahulu Dengan Menjadi Anggota Tim Sebuah EO

Usaha event organizer adalah usaha yang membutuhkan keahlian khusus dalam melakukannya. Sehingga mencari pengalaman terlebih dahulu sebelum memulai bisnis EO sendiri akan lebih baik dan memudahkan anda dalam menjalankannya.

Anda bisa mencari pengalaman dengan menjadi tim di sebuah EO ternama yang sudah memiliki klien dengan berbagai kebutuhan event. Dengan demikian akan memberikan anda banyak pengalaman di bidang penyelenggaraan event apapun. Minim pengalaman di bidang EO akan menyebabkan anda mengalami banyak kendala dalam menjalankan usaha EO.

 

  1. Jalin Relasi Sebanyak Mungkin Untuk Dijadikan Mitra Bisnis

Selama anda mencari pengalaman dengan menjadi tim EO yang sudah ternama, anda juga bisa manfaatkan untuk menjalin relasi. Di dalam bisnis ini relasi memiliki peranan sangat penting dalam menunjang kesuksesan sebuah EO. Relasi yang kuat akan mendatangkan banyak keuntungan bagi usaha anda, dimana akan mendatangkan banyak klien untuk EO anda.

Menjalin relasi juga dibutuhkan untuk mitra bisnis, karena EO tidak bisa berjalan sendiri, anda membutuhkan banyak vendor dalam menyelenggarakan event. Jalinan relasi yang baik akan membuat EO anda mudah mendapatkan vendor untuk berbagai acara yang anda selenggarakan.

  1. Siapkan Modal Yang Cukup Untuk Memulai Bisnis

Hampir tidak ada bisnis yang tidak membutuhkan modal awal, usaha EO termasuk bisnis yang membutuhkan modal awal untuk memulai. Usaha EO adalah kelompok usaha yang membutuhkan modal awal yang cukup untuk menjalankannya.

Hal ini karena pada umumnya klien sebuah EO akan membayar DP saja untuk meminta jasa EO, pelunasannya kan dilakukan setelah event selesai. Padahal EO harus membayar dahulu ke vendor, maka dari itu anda membutuhkan modal yang cukup untuk memulai EO.

  1. Bentuk Tim Yang Solid Dan Kreatif Untuk Menjalankan EO

Strategi dalam memulai usaha event organizer lainnya adalah membentuk tim yang solid untuk menjalankan usaha ini. Usaha ini memang usaha tim, tidak bisa jika dilakukan sendirian, butuh tim dengan keahlian masing-masing sesuai dengan tugasnya. Satu orang saja tidak jalan dengan baik, maka akan merusak hasil kerja tim secara keseluruhan, dengan efek event tidak terlaksana dengan baik.

Selain skillful juga dibutuhkan tim dengan kreativitas yang tinggi dalam menjalankan EO. Karena dalam setiap penyelenggaraan acara selalu butuh ide-ide kreatif dari semua tim yang ada. Semakin unik dan kreatif idenya maka akan menarik banyak klien untuk EO anda.

  1. Lakukan Promosi Dengan Menggunakan Digital Marketing

Usaha tanpa dikenal masyarakat apalah artinya, untuk itu dibutuhkan promosi dalam memulai sebuah bisnis. Melihat perkembangan saat ini, digital marketing akan sangat bermanfaat bagi bisnis anda. Memiliki website resmi dan media sosial akan memaksimalkan kegiatan promosi usaha EO anda.

Memulai sebuah bisnis memang tidaklah mudah, termasuk bisnis event organizer oleh karena itu anda perlu strategi agar berhasil. Dengan mencoba 5 strategi dalam memulai usaha event organizer di atas, maka anda akan lebih mudah untuk menapaki dunia bisnis EO. Jika anda berhasil memulai usaha EO dengan strategi yang baik, maka kesuksesan akan datang mengikuti.