Resiko Dalam Mengadakan Sebuah Event Yang Harus Diwaspadai

Pernahkan kamu melihat sebuah event besar gagal atau tidak berjalan mulus? Suatu event atau acara, sebaik apapun perencanaannya tetap akan memiliki resiko. Apapun bisa terjadi saat event tersebut berlangsung. Mulai dari hal yang bisa diprediksikan hingga hal yang di luar prediksi. Resiko dalam mengadakan sebuah event ini bermacam-macam bentuknya. Untuk itu, penting sekali adanya tindakan antisipasi untuk segala kemungkinan buruk yang akan terjadi.

Agar antisipasi yang kamu lakukan benar, setidaknya ketahui resiko apa saja yang mungkin akan kamu hadapi. Ada banyak resiko yang kemungkinan besar akan menimpa event yang kamu selenggarakan. Berikut ini resiko dalam mengadakan sebuah event yang harus kamu antisipasi :

1.Human Error

Resiko pertama dan yang paling sering terjadi adalah human error. Human error ini merupakan keadaan kacau yang disebabkan kesalahan dari orang-orang yang mengatur acara. Penyebab umumnya karena kurang teliti atau kecerobohan dari petugas acara.

Contohnya pemasangan dekorasi acara yang tidak pas sehingga dekorasi terlepas atau rusak saat acara. Human error ini juga ada yang bersifat fatal seperti kebakaran. Untuk mengantisipasinya biasakan melakukan pengecekan berulang-ulang pada apa saja yang dipasang di sebuah event.

2.Kondisi Alam

Resiko yang satu ini hampir tidak bisa diantisipasi, sebabĀ  kondisi alam memang tidak bisa diprediksi secara akurat. Contohnya saat kamu ingin mengadakan event dengan tema outdoor, walaupun perkiraan cuaca cerah, tapi bukan tidak mungkin tiba-tiba hujan datang.

Belum lagi kondisi alam yang lainnya, seperti gempa bumi, angin topan dan banjir. Untuk jenis resiko yang satu ini memang cukup merepotkan. Apalagi di Indonesia yang kondisi alamnya sukar untuk ditebak.

3. Respon Masyarakat Sekitar

Respon masyarakat sekitar juga bisa menjadi resiko tersendiri. Kamu pasti pernah mendengar sebuah acara yang dibubarkan massa lantaran dianggap mengganggu. Oleh sebab itu, penting sekali mengetahui kondisi lingkungan sekitar ketika akan mengadakan sebuah acara di suatu tempat.

Sebagai contoh, ketika kamu akan mengadakan sebuah event konser musik. Pastikan tidak ada masyarakat sekitar yang sedang beribadah atau melakukan ritual adat di sekitar lokasi acara. Apalagi masyarakat Indonesia kaya akan aturan adat yang harus dipatuhi.

  1. Tindakan Kriminal

Tindakan kriminal bisa terjadi dimana saja, termasuk di event yang sedang kamu langsungkan. Bentuk tindakan kriminal ini juga bermacam-macam. Bisa saja terjadi pencurian, penipuan dan tindakan kejahatan lainnya. Itulah mengapa sangat penting adanya bagian keamanan di setiap acara.

Bagian keamanan ini yang nantinya akan meminimalisir resiko tindakan kejahatan yang mungkin saja bisa terjadi. Maka jangan heran pada event-event besar, kamu melihat petugas keamanan seperti polisi berjaga-jaga. Apalagi jika event tersebut mengundang orang penting, maka keamanannya harus ekstra ketat.

  1. Persepsi Negatif Dari Tamu

Persepsi dari tamu sebuah event juga bisa menjadi resiko tersendiri. Bayangkan jika tamu-tamu yang kamu undang mengerenyitkan dahi lantaran menganggap event kamu tidak sesuai ekspektasi. Di beberapa kasus bahkan ada tamu yang justru secara terang-terangan menyampaikan kekecewaan mereka terhadap acara yang diselenggarakan. Tentu saja hal ini akan menjadi bencana tersendiri bagi penyelenggaraan event. Apalagi persepsi ini sifatnya subyektif tergantung dari tingkat kepuasan seseorang.

Dari semua resiko yang ada di atas, semuanya memiliki kemungkinan untuk terjadi pada event yang kamu buat. Resiko dalam mengadakan sebuah event ini harus diperhatikan baik-baik. Jangan sampai event penting yang kamu selenggarakan mengalami kegagalan karena resiko yang ada di atas. Kunci dariĀ  kesuksesan sebuah event adalah koordinasi tim yang baik. Sehingga bisa meminimalisir munculnya resiko yang ada di atas.